Rabu, 15 Agustus 2018

Sejarah Singkat Bass dan Perkembangannya

Sejarah Bass - Jika Anda mencari sejarah gitar bass, referensi paling online mengatakan bahwa itu dimulai pada 1950-an dengan bass listrik Fender Precision. Sementara itu sebagian benar, sejarah gitar bass dimulai jauh sebelum itu. The Fender Precision adalah bass listrik yang diproduksi secara massal dan didistribusikan secara luas, tapi itu bukan yang pertama dibuat.

Jika Anda mencari sejarah gitar bass, referensi paling online mengatakan bahwa itu dimulai pada 1950-an dengan bass listrik Fender Precision . Sementara itu sebagian benar, sejarah gitar bass dimulai jauh sebelum itu. The Fender Precision adalah bass listrik yang diproduksi secara massal dan didistribusikan secara luas, tapi itu bukan yang pertama dibuat.

Ada bass listrik ganda yang diciptakan oleh Lloyd Loar pada tahun 1924, dan biola bass listrik yang diciptakan oleh Paul Tutmarc pada 1930-an. Tetapi bahkan sebelum bass listrik, guitarrĂ³n, juga dikenal sebagai "kuku jari," adalah perlengkapan dalam musik Latin sejak awal 1600-an.

Satu hal yang dimiliki oleh semua versi bass ini adalah bahwa mereka dirancang untuk meniru suara instrumen senar yang jauh lebih besar, dalam banyak kasus bass tegak, dalam bentuk yang lebih portabel dan mudah diatur. Dalam kasus bass listrik, itu juga dirancang untuk memperkuat nada rendah, yang sering kali ditenggelamkan oleh instrumen lain.

Saat ini, guitarrĂ³n paling sering terlihat di band-band Mariachi, tetapi gitar ini masih banyak digunakan dalam jenis musik akustik Latin lainnya. Bass listrik dan versi akustik digunakan dalam berbagai musik dari klasik ke rock. Anda dapat mengajari diri sendiri cara bermain bass, tetapi karena ada begitu banyak teknik bermain, seringkali paling baik untuk belajar sedikit tentang instrumen melalui pelajaran, baik secara langsung atau dengan mengambil pelajaran gitar bass online .

Teknik Bermain
Ada beberapa teknik untuk memainkan gitar bass tergantung pada gaya musik yang Anda mainkan dan efek yang ingin Anda capai. Di bawah ini adalah garis besar dari beberapa teknik yang lebih umum, dan para seniman yang menggunakannya.

Slap dan Pop
Teknik tamparan dan pop melibatkan berdebar, atau menampar, senar dengan ibu jari Anda, saat menjentikkan atau meletuskan senar dengan jari-jari Anda. Teknik ini paling sering digunakan dalam musik funk, tetapi juga memiliki tempatnya dalam gaya rock dan fusion. Slap and pop bassist terkenal termasuk Larry Graham of Sly dan Family Stone, dan Flea of ​​Red Hot Chili Peppers.

Pemetikan
Memilih melibatkan menggunakan pick untuk memetik bass - pick memberikan akurasi dan kecepatan yang lebih besar, daripada hanya jari-jari Anda. Pilihan datang dalam berbagai ketebalan dan terbuat dari berbagai bahan, yang semuanya menghasilkan efek nada yang berbeda. Memilih digunakan dalam berbagai gaya musik oleh seniman seperti Roger Waters of Pink Floyd dan Kim Deal of The Pixies.

Palm Muting
Palm muting melibatkan mengistirahatkan tepi luar telapak tangan Anda di jembatan untuk mematikan senar saat Anda bermain. Ini biasanya digunakan dalam kombinasi dengan pemetikan. Teknik ini digunakan dalam berbagai gaya musik oleh artis seperti Paul McCartney dan Sting.

Fretting
Fretting adalah istilah selimut untuk berbagai teknik yang melibatkan mencolok, memetik, atau menyesuaikan senar di sepanjang leher gitar. Menempatkan jari-jari Anda pada titik yang berbeda pada leher untuk membuat nada yang berbeda adalah resah, seperti menggerakkan jari untuk membuat suara bergetar. Beberapa bassis juga memainkan fret dengan mengetuk atau memetik senar untuk membuat suara, Les Claypool dari Primus dan Victor Wooten.

Ada beberapa jenis gitar bass dan mereka semua melayani tujuan yang berbeda.

Gitar bass tradisional terbuat dari kayu - dengan berbagai jenis kayu untuk tubuh, leher, dan jembatan - dan memiliki empat senar logam yang disetel ke E, A, D, dan G. Leher biasanya memiliki crossbars, disebut frets, yang bagikan fingerboard ke area nada yang berbeda. Namun, beberapa gitar bass terbuat dari bahan lain, seperti grafit, kayu eksotis, dan resin.

Anda juga dapat menemukan gitar bass dengan lima sampai dua belas senar, meskipun model delapan dan dua belas senar cenderung memiliki pasangan senar yang dimaksudkan untuk dimainkan bersama untuk menghasilkan satu suara. Ada juga model-model yang tidak memiliki fret sepanjang leher, yang memungkinkan untuk lebih halusnya suara daripada model-model fretted.

Gitar bass dengan delapan atau dua belas senar sering digunakan dalam konteks klasik, di mana seniman mungkin perlu membuat banyak bunyi kompleks; sedangkan bass dengan string yang lebih sedikit mungkin lebih banyak digunakan dalam musik populer, seperti rock, blues, dan jazz. Logika yang sama bisa diterapkan pada penggunaan fret.

Meskipun bass tidak mendapatkan banyak perhatian seperti gitar, sebenarnya ini adalah bagian yang sangat penting dari setiap ensemble karena membawa irama. Itulah mengapa itu digunakan dalam banyak gaya musik yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar