Selasa, 15 Januari 2019

Meskipun Hari Libur, BPJS Kesehatan Belitung Buka Pendaftaran Peserta Baru

Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Belitung membuka pencatatan kepesertaan BPJS Kesehatan untuk masyarakat. Ada dua kelompok kepesertaan yaitu sistem berdikari dan iuran ditanggung Pemkab Belitung.

Untuk sistem iuran yang ditunaikan pemkab cocok dengan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 36 mengenai Jaminan Kesehatan Masyarakat Belitung (JKMB) yaitu berlaku untuk kelompok kelas III. Sedangkan kepesertaan untuk ruang belajar II dan ruang belajar I tetap mesti sistem mandiri.

"Sekarang kami telah mulai. Ketika masyarakat hendak mendaftar, kami tawarkan apakah hendak mandiri atau ditanggung pemerintah. Tapi tersebut khusus untuk pencatatan baru," kata Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Belitung, Andri Rikopaltera untuk Pos Belitung, Rabu (9/1).

Menurutnya, khusus guna program JKM, penduduk tetap mengerjakan pendaftaran ke kantor BPJS Kesehatan dengan membawa fotokopi KTP-Elektronik dan Kartu Keluarga (KK). Apabila telah terdaftar, peserta bakal langsung dapat memfungsikan kartu itu untuk berobat.

"Yang belum meregistrasi silahkan. Kami bercita-cita memang tidak seluruh peserta ikut program yang ditanggung pemerintah. Yang dapat silahkan sistem mandiri. Sekarang saja guna pelayanan kami merasakan peningkatan sesudah ada progam JKM ini, jadi ramai terus," katanya.

Menurutnya, tercatat sampai Desember 2018 telah 95 persen masyarakat Belitung yang menjadi peserta BPJS Kesehatan, bermukim sekitar 5.000 penduduk lagi yang belum terdaftar.

"95 persen tersebut sama dengan 160.074 jiwa dari data warga Belitung 165.466 jiwa. Sisanya tersebut nanti kami telah upayakan dari hasil rapat, diberitahukan di media supaya masyarakat segera mengikutsertakan diri. Jangan sampai menantikan sakit baru mendaftar," katanya.

Cara daftar BPJS Kesehatan juga cukup mudah. Anda cukup membawa beberapa persyaratan yang diperlukan, yaitu fotocopy KTP, fotocopy KK, fotocopy buku tabungan dan mengisi lembar formulir. Setelah terpenuhi anda cukup mengantri hingga nomor antrian anda dipanggil. Maka proses pendaftaran akan berlangsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar